10 Macam dan Jenis Sedotan yang Ramah Lingkungan

10 Macam dan Jenis Sedotan yang Ramah Lingkungan

Sedotan ramah lingkungan merupakan sedotan alternatif pengganti plastik yang mulai banyak digunakan saat ini. Sedotan plastik sendiri telah banyak mencemari lingkungan hingga meningkatkan jumlah sampah termasuk di lautan hingga menganggu kehidupan di dalamnya. Dengan sedotan yang ramah lingkungan, pencemaran lingkungan tersebut bisa diminimalisr.

Bagi Anda yang merupakan pecinta lingkungan dan peduli dengan kondisi alam, tidak ada salahnya mulai mempertimbangkan penggunaan sedotan yang ramah lingkungan mulai dari sekarang. Hingga saat ini telah ada banyak jenis sedotan yang termasuk ramah lingkungan yang bisa digunalan. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. Sedotan Kue

sedotan kue

Jenis sedotan yang satu ini merupakan sedotan yang terbuat dari bahan makanan. Biasanya, banyak pemilik usaha kuliner di Indonesia yang menjadikan astor sebagai sedotan kue. Penampilan astor yang cantik dan pilihan warna yang bervariasi membuat tampilan minuman juga menjadi lebih menarik.

Kelebihan yang ditawarkan dari jenis sedotan yang satu ini adalah bisa langsung dimakan setelah digunakan. Berbeda dengan sedotan plastik yang hanya sekali pakai dan dibuang. Tidak heran jika sedotan dari bahan makanan tidak menimbulkan sampah. Sedotan kue biasa digunakan di kafe-kafe hingga restoran kekinian.

2. Sedotan Bambu

sedotan bambu

Jenis sedotan yang satu ini terbuat dari bambu yang alami. Bahan satu ini tidak membahayakan lingkungan ataupun kesehatan. Keunikan dari jenis sedotan bambu adalah aroma bambu yang khas, sehingga mampu menjadi daya tari tersendiri bagi para penggunanya. Harga dari sedotan yang satu ini juga cukup terjangkau.

Kelebihan dari sedotan bambu adalah bisa digunakan secara berulang kali sehingga lebih ramah lingkungan daripada sedotan plastik. Meski demikian, Anda harus selalu menjaga kebersihan dan juga merawatnya dengan baik supaya sedotan bambu bisa digunakan dalam jangka panjang.

3. Sedotan Kaca

sedotan kaca

Ada juga sedotan yang dibuat dari kaca dan menjadi salah satu alternatif pengganti sedotan yang banyak dilirik. Meski demikian, karena rentan pecah, ada baiknya untuk selalu berhati-hati dalam menggunakan jenis sedotan yang satu ini. Saat di bawa bepergian, Anda juga harus menyimpannya dengan baik agar tidak terhimpit dan pecah di dalam tas.

Kelebihan dari jenis sedotan ini adalah bisa digunakan berulang kali. Saat sudah tidak digunakan sekalipun, kaca mudah didaur ulang, sehingga tidak menyebabkan penumpukan sampah berlebih seperti sedotan plastik. Sedotan kaca juga dianggap lebih higienis karena jika ada sisa minuman sebelumnya maka akan terlihat, sehingga bisa segera dibersihkan.

4. Sedotan Stainless Steel

sedotan stainless

Jenis sedotan yang satu ini terbuat dari stainless steel yang kuat dan kokoh. Tidak heran jika penggunaannya bisa lebih awet dibandingkan dengan sedotan plastik yang sekali pakai. Anda juga bisa membawanya saat bepergian tanpa takut rusak ataupun pecah seperti halnya sedotan kaca.

Sedotan stainless steel memiliki bentuk layaknya sedotan plastik pada umumnya untuk memudahkan para pengguna. Untuk membersihkan jenis sedotan yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan sikat sedotan yang kini bisa dibeli di pasaran, termasuk secara online.

5. Sedotan Kertas

sedotan kertas

Ada juga sedotan dari kertas yang menawarkan kelebihan dari segi desain dan warnanya. Sedotan yang satu ini dibuat dengan desain yang bervariasi dan dapat Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan. Sedotan kertas dibuat dari kertas yang digulung sampai padat serta tidak mudah bocor ketika digunakan.

Kelebihan lain yang bisa ditemukan dari penggunaan sedotan kertas adalah mudah terurai di alam. Meski demikian, selalu perhatikan jenis kertas pewarna yang digunakan agar lebih aman dan tidak menganggu kesehatan.

6. Sedotan Es

sedotan es

Sedotan ramah lingkungan yang selanjutnya adalah sedotan es yang harus dibuat dulu dengan cetakan. Dengan menggunakan cetakan es batu, Anda bisa menggunakannya untuk membuat beberapa sedotan es sekaligus. Kelebihan yang ditawarkan dari jenis sedotan yang satu ini adalah bisa membuat minuman menjadi lebih dingin saat dihirup.

Kelebihan lain dari sedotan es adalah tidak mencemari lingkungan seperti halnya sedotan plastik karena bisa dimakan. Untuk bisa menggunakan jenis sedotan yang satu ini, Anda bisa menunggu sedotannya sampai beku terlebih dulu.

7. Sedotan Rumput Laut

sedotan rumput laut

Disebut juga dengan loli straw yang terbuat dari bahan organik berupa rumput laut. Jenis sedotan ini tidak mencemari lingkungan, sehingga aman dijadikan sebagai penggganti sedotan plastik. Kelebihan dari jenis sedotan yang satu ini adalah bisa dimakan. Dengan demikian,, Anda bisa memakan sedotannya jika sudah selesai minum.

Sedotan yang satu ini juga akan larut jika dibiarkan terlalu lama di dalam air. Alhasil, sedotan rumput laut tidak akan menyebabkan terjadinya penumpukan sampah seperti halnya sedotan plastik.

8. Sedotan Silikon

sedotan silikon

Jenis sedotan yang satu ini menawarkan banyak kelebihan karena tidak hanya ramah lingkungan, namun juga aman dibawa saat bepergian. Sedotan silikon memiliki bentuk yang lentur serta tidak mudah rusak ketika dilipat. Tidak hanya itu, sedotan yang satu ini juga bisa digunakan serkali-kali tidak seperti sedotan plastik yang hanya sekali pakai.

Untuk pembelian sedotan dari silikon, pastikan membelinya dari bahan pewarna yang aman untuk kesehatan. Dengan demikian, Anda juga akan merasa nyaman tanpa khawatir kesehatan terganggu akibat penggunaan sedotan yang berbahaya.

9. Sedotan Akrilik

sedotan akrilik

Ada juga sedotan akrilik yang menawarkan kelebihan dengan bahan yang tahan dengan suhu panas maupun yang dingin. Kelebihan lain dari sedotan yang satu ini adalah memiliki warna yang cukup bervariasi, sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan kecantikan tampilan minuman. 

Sedotan yang satu ini juga cocok dijadikan sebagai dekorasi minuman saat mengadakan pesta. Sedotan akrilik bisa digunakan secara berulang kali sehingga lebih ramah lingkungan. Meski demikian, pastikan untuk membersihkannya secara berhati-hati karena bentuk sedotan yang mudah retak jika sampai terjatuh.

10. Sedotan Jerami

sedotan jerami

Ada juga sedotan jerami yang terbuat dari batang tanaman gandum. Jenis sedotan yang satu ini termasuk ramah lingkungan karena bisa diuraikan 100%. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh jenis sedotan yang satu ini adalah aman digunakan karena tanpa racun ataupun zat lain yang berpotensi menganggu kesehatan.

Sedotan dari jerami bisa digunakan untuk mengonsumsi jenis minuman yang dingin ataupun panas. Uniknya lagi, sedotan dari jerami tidak menyerap air ataupun tidak basah karena dibuat dari serat tanaman.

Apakah Anda merupakan pemilik ushaa kuliner dan ingin menggunakan sedotan ramah lingkungan untuk usaha?

Jika iya, Anda bisa pilih sendiri jenis sedotan di atas untuk melengkapi produk minuman yang Anda jual. Dengan menggunakan sedotan di atas, Anda juga berperan dalam mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah plastik.

Untuk pemesanan sedotan yang berkualitas dan terjangkau, Anda bisa langsung menghubungi Havalina produsen kemasan dan packaging produk. Kami menyediakan kontak berupa WhatsApp yang bisa Anda hubungi selama waktu kerja. Anda bisa menggunakannya untuk berkonsultasi ataupun langsung melakukan pemesanan produk sedotan sesuai yang Anda butuhkan.